Koleksi Jimbot Tahun 90-an

Bagi yang pernah ngerasain masa kecil di tahun 90-an pasti kenal dong dengan permainan anak-anak yang disebut "jimbot". Penyebutan "jimbot" itu sendiri berasal dari kata "game watch", nah karena lidah orang Indonesia dan anak-anak masih suka cadel maka jadilah disebut dengan nama "jimbot". Pada mulanya Game Watch dikeluarkan oleh perusahaan Casio berbentuk jam tangan yang di dalamnya ada game yang bisa dimainkan, dikarenakan permintaan pasar maka dibuatlah desain portable yang lebih menarik untuk menyenangi para pelanggan.


Dulu permainan jimbot biasanya dijajakan oleh Abang2 yang biasa mangkal di sekolah SD kadangkala abang tukang mainan dan tukang gulali (gula cair merah hijau) juga menyediakan penyewaan jimbot. Dengan harga sewa Rp. 50 - Rp 100, kita bisa menikmati permainan ini dengan syarat apabila permainan game over jimbot harus dikembalikan, tapi karna dulu gw suka curang kalo game over buru2 gw On/Off lagi biar bisa maen lagi :-D tapi ada juga loch penyewaannya yang berdasarkan durasi misal Rp. 50/30 menit. Oh ya, agar jimbot tidak dibawa kabur oleh anak2 "jail" biasanya pada jimbot diikatkan semacam tali. Di bawah ini gw nyusun list jimbot yang dulu terkenal pada masanya, cekidot gan...

1. Submarine Battle

Lebih dikenal dengan jimbot kapal selem, cara permainannya adalah dengan mengendalikan kapal selam sambil menembak kapal-kapal musuh yang berseliweran di langit. Awas, kadang-kadang kapal laut dan kapal selam musuh juga datang menyerang.

2. Western Bar


Game ini menceritakan tentang seorang koboi gila yang mengamuk di suatu bar. Tugas anda adalah menembaki botol dan gelas yang dilemparkan oleh bartender tapi harus hati2 dengan pengunjung bar yang kadang-kadang melemparkan piring dan gelas kepada anda juga bom yang dilemparkan oleh bartender, jangan sampai kena dan tertembak kalo enggak bisa mati. Di game ini juga ada sesi tarung adu cepat menembak one by one dengan koboi musuh

3. Heli Battle

  
Atau dikenal juga dengan jimbot helikopter, cara permainannya adalah mengendalikan helikopter sambil menembaki helikoter musuh yang menyerang,  awas kadang2 tank juga menyerang dari bawah tinggal dikasih bomb aja biar meledak.

4. Kungfu

Game ini ciri khasnya apabila melakukan suatu gerakan maka akan terdengar bunyi "kungfu". game ini cukup mudah dimainkan, yaitu dengan melakukan gerakan ke atas plus pukulan/tendangan maka lawan akan takluk. Dalam beberapa stage diharuskan mengalahkan 2 lawan dan lawan bersenjata.

5. Western Sheriff

Berperan sebagai Sherif, anda bertugas mengendalikan kuda untuk mendapati wortel yang bertebaran di jalan. Hati-hati dengan tong yang berseliweran di jalan kalau kena bisa mati.

6. Guard Wall

Sesuai dengan judulnya di game ini anda berperan sebagai ksatria berpedang yang bertugas menebas musuh2 yang mencoba memasuki benteng anda, kadangkala musuh datang dalam skala banyak harus bisa atur strategi.

7. Sea Battle

Over all, jimbot ini hampir sama dengan jimbot kapal selam yang dikeluarkan oleh Casio. Namun bedanya suara yang dikeluarkan dari jimbot ini lebih lucu dan lebih provokatif serta relatif lebih mudah dimainkan karna jumlah musuh yang dilawan lebih sedikit.

Credit To :
1. Temen2 Seperjuangan SD waktu maen jimbot
2.Google
3. Kaskus

Share this post :

+ komentar + 13 komentar

July 17, 2013 at 3:14 PM

numpang koment gan "ha ha ha ..jadi inget msa lalu gan...keren gan artikelnya..."

July 22, 2013 at 8:43 AM

jd ingat masa lalu, sekali main Rp 50, jimbotnya dikasih tali biar ga hilang, main sambil makan gulali hahaha........

November 29, 2013 at 11:58 AM

ealah.... kirain bs di donlot trs maen nya d PC... hehehehehe...

December 7, 2014 at 11:19 PM

Hahahaha anjrit itu game lawas amat masih inget aje si agan!

February 25, 2015 at 8:47 PM

Itu bisa di download di PC ga?
Kangen masa lalu

February 25, 2015 at 8:47 PM

Itu bisa di download di PC ga?
Kangen masa lalu

October 30, 2015 at 3:23 PM

masih ada yg jualkah dengan kondisi baik? kenangan masa lalu yg bikin ngakak, biar anak jaman skarang tau

November 1, 2015 at 10:38 PM

Sekarang game itu sudah ada di google store. Dengan judul sama gan. Yg ane tahu baru ada helli bettle. Western bar. Sl bank man kereta api. Games dingdong michael jackson. Trus warrior of faid klw gk salah namanya. Ada juga cadilac dinosaurus gan.

November 1, 2015 at 10:45 PM

Aku tambahin bruce lee. Enter the games kayak nya juga mirip sm kungfu gamebot ini

March 17, 2016 at 8:24 AM

kangen masa kecil gw jadinya.
sayang, submarine battle gw rusak dipinjem sama sepupu gw... T.T

August 30, 2017 at 11:24 PM

Submarine battle nya kapan nich ada di play store..dah kangen pengen mainin lagi..jadi inget SD dulu!!

August 30, 2017 at 11:26 PM

Submarine battle nya kapan nich ada di play store..dah kangen pengen mainin lagi..jadi inget SD dulu!!

April 10, 2019 at 6:39 AM

hebat. jadi inget lagi saya jaman sd. dulu gimbot pertama yang saya punya yg kapal selam. trims buat admin udah ngingetin kenangan masa kecil.

Post a Comment

yang nyasar kesini

Krecekan Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hanya Manusia Biasa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger