7 Hal Yang Dirindukan Dari Ponsel Jadul


Bolehlah kita bernostalgia. Zaman dahulu, ponsel tidak secanggih sekarang. Jauh malah. Namun ada beberapa hal yang patut dirindukan di ponsel jadul.

Mereka yang hidup di generasi awal 2000-an pasti familiar dengan model-model seperti Nokia 3310, Siemens A55 dan lain lain. Jangan salah, handset keluaran zaman tersebut punya kelebihan sekaligus keunikan dibanding ponsel masa kini.


Apa saja memangnya fitur fitur ponsel dari masa lalu yang dirindukan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Logo Operator

Ponsel masa lalu sebagian besar masih berwarna hitam putih alias monokrom. Namun keterbatasan itu kadang menghadirkan keasyikan tersendiri dan malah memunculkan kreativitas. Misalnya pada bagian menu utama ponsel. Biasanya, tulisan yang tampil di sana salah satunya adalah logo operator yang dipakai pengguna.

Untuk mempercantik penampilan, logo operator ini bisa diganti dengan gambar atau tulisan. Desainnya pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai keinginan.Tampaknya sederhana saja jika dibandingan kustomisasi layar yang sangat beragam pada ponsel zaman sekarang. Namun kala itu sudah menimbulkan hiburan tersendiri.

2. Casing Ponsel Bisa Diganti

Ponsel masa lalu teknologi software dan hardwarenya masih terbatas sehingga tidak banyak yang bisa diunggulkan. Nah, salah satu cara produsen untuk menghadirkan diferensiasi adalah dengan casing ponsel yang bisa diganti. Produsen yang giat menawarkan ponsel dengan casing yang bisa diganti tampaknya adalah Nokia. Siemens, produsen ponsel yang kini bangkrut, juga beberapa kali merilis handset serupa.

Malah, Nokia pernah punya ide kreatif. Yakni merilis ponsel di mana casingnya bisa dimasuki kertas yang didesain sesuai dengan keinginan penggunanya. Memang saat ini, beberapa smartphone juga bisa diganti casingnya. Namun gaung fitur tersebut tidak lagi seheboh zaman dahulu.

3. Baterai Tahan Lama

Begitu banyaknya fitur dan layar besar membuat smartphone masa kini haus baterai. Hal itu tidak terjadi pada ponsel keluaran masa lalu. Fitur sederhana dan layar hitam putih membuat ponsel masa lalu garang dalam soal baterai. Cukup sekali isi ulang bisa bertahan sampai berhari-hari.

Philips pernah membanggakan seri Xenium yang dibekali baterai sangat tahan lama. Seri keluaran Nokia, Samsung ataupun Motorola juga rata-rata punya baterai awet. Jadi, tidak perlu kesusahan jika charger ketinggalan. Tidak perlu juga membawa bawa power bank.

4. Snake & Space Impact

Game ponsel masa lalu jelas tidak ada apa-apanya dibandingkan ponsel masa kini yang dibekali grafis maupun sistem permainan tingkat tinggi. Namun jangan salah, game masa lalu bisa juga bikin kecanduan. Sebut saja Snake atau Space Impact. Keduanya adalah game yang biasanya sudah terinstall dalam ponsel Nokia.

Dalam Snake, pemain bertugas membuat tubuh ular menjadi panjang tanpa menabrak. Space Impact menghadirkan pesawat terbang yang menembaki musuh. Keduanya menjadi fitur yang banyak digunakan. Pada masa itu, sudah cukup menarik untuk menghabiskan waktu luang.

5. Ringtone Composer

Ponsel jadul biasanya hanya memiliki nada suara sederhana atau monoponik. Meski ala kadarnya, nada suara ini pernah menghadirkan keasyikan tersendiri. Yakni dalam fitur yang disebut sebagai ringtone composer. Dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa membuat nada dering yang bermacam-macam.

Bahkan, ada buku yang berisi khusus cara membuat nada dering dengan irama lagu-lagu terkenal. Dulu, buku semacam ini cukup laris. Biasanya, ringtone composer sudah ada sebagai fitur bawaan di ponsel zaman dulu. Terutama di handset-handset keluaran Nokia. 

6. Tahan Banting

Tanpa dilabeli tahan banting, ponsel masa lalu biasanya punya desain yang cukup tangguh. Terjatuh berkali kalipun, si ponsel biasanya selamat. Beda dengan smartphone masa kini yang biasanya bikin cemas. Jika terjatuh ke lantai, bukan tidak mungkin layar sentuhnya yang mahal rusak.

Beda kejadiannya dengan ponsel masa lalu, sebut saja Nokia 3310. Bahkan sampai beberapa generasi dan terjatuh berkali kalipun, masih ada yang mampu bertahan hidup. Jika bentuknya menjadi tidak karuan atau casingnya merenggang, itu hal biasa. Ada pengguna yang mengakalinya dengan memasang karet atau selotip untuk merekatkan bodi ponsel.

7. Desain Nyeleneh

Ponsel, terutama smartphone masa kini boleh dibilang punya desain seragam. Biasanya dengan layar sentuh berukuran besar dan sedikit tombol saja. Beda dengan ponsel dari masa dahulu kala. Desainnya sangat beragam, malah beberapa terlihat aneh.

Terutama Nokia yang ketika itu berstatus produsen ponsel terbesar di dunia. Mereka sangat rajin merilis ponsel dengan desain nyleneh. Tengok saja Nokia 6800 di atas. Desainnya memadukan ponsel candybar dipadukan keybard full qwerty. Unik bukan?

8. Blind Keyboard (kalo yang ini tambahan dari gw)

Pada beberapa orang khususnya yang sering SMS-an, mengetik SMS dengan hp jadul bisa dilakukan sambil makan, menonton televisi, atau sambil mengendarai motor (ups, yang terakhir jangan ditiru) tanpa perlu melihat lagi karena saking terbiasanya mereka sudah hafal posisi tombol dan berapa kali yang perlu ditekan untuk menghasilkan huruf tertentu. Bahkan kecepatannya bisa dibilang melebihi hp layar sentuh yang agak ribet.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/08/23/123524/2338597/398/8/7-hal-yang-dirindukan-dari-ponsel-jadul (dengan sedikit penambahan dari gw)

Share this post :

+ komentar + 2 komentar

August 23, 2013 at 8:01 PM

HP jadul emang mantabh dan emng ngangenin....
terasa unik dan aneh di zaman sekarang ini..

August 24, 2013 at 9:17 PM

Inget dulu beli logo operator harganya 15.000.
:v

Post a Comment

yang nyasar kesini

Krecekan Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hanya Manusia Biasa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger