Awas Ada Copet

Hidup di dunia ini memang keras,
Itu juga yang membuat semakin banyak orang yang memilih pekerjaan tidak halal sebagai profesinya, salah satunya adalah dengan menjadi

Copet..



Apalagi pas deket hari raya kayak sekarang ini, udah jadi rahasia umum kalo tingkat kejahatan, terutama pencopetan di angkutan umum, stasiun dll. pasti meningkat juga.
Kebetulan, gue sendiri gak terlalu jauh dari pengalaman berhadapan dengan yang namanya copet mencopet.. karena memang perjalanan dari rumah menuju kampus UNJ, dan sebaliknya harus menaiki angkutan umum yang terkenal banyak copetnya ..

Nah, sangking seringnya ngeliat copet.. ngeliat orang kecopetan.. dan pernah juga kecopetan sendiri.. maka gua ngerasa perlu untuk membagi tips yang dengan mudah dapat dilakukan agar bisa terhindar dari kejahatan jalanan .. cekidot

Ada 4 Kondisi yang mendapat perhatian khusus:


I. Saat naik 
1. Perhatikan kondektur (bisa juga supir ),
Dari pengalaman gue, kebanyakan angkutan yang didalamnya terdapat copet, kemungkinan besar kondekturnya, maupun supirnya, akan menunjukan mimik tidak tenang, seperti ada “something wrong”. Hal ini wajar terjadi mengingat umumnya supir atau kondektur tentu lebih tau siapa-siapa saja yang biasa "beraksi" di mobilnya.
2. Perhatikan wajah penumpang lain disekitar anda dengan cepat adakah yang mencurigakan.
Copet biasanya menyamar jadi penumpang.. namun tampang dan ekspresi gak bisa bo'ong ..
Biasanya copet raut wajahnya nampak lebih tegang .. kemudian suka merhatiin penumpang tertentu dengan atitude tidak wajar..

II. Saat berdiri
1. Sebaiknya jangan berdiri didekat pintu
2. Hindari sekumpulan keramaian khusus
atau bahasa sederhananya, hindari kalau ada sekumpulan penumpang ngumpul sendiri, padahal masih ada posisi berdiri yang agak kosong disisi lain.
3. Bersikap skeptis dan penuh curigaLAH!
Karena pencopet suka dengan penumpang yang (baca: ingin dianggap) murah hati, tulus dan tetap jaga image di dalam angkutan umum.
4. Kedepankan tas/barang bawaan anda,
Biar aman tas dikedepanin aja, dengan demikian kamu lebih mudah mengawasinya.. Terus jangan pernah minta tolong kepada penumpang disebelah anda, “Pak tolong liatin tas saya ya, takutnya ada copet”. Anda juga harus benar-benar waspada terhadap penumpang disebelah anda, apalagi bila ia menjawab dengan riang, “Oke!!! Sini mbak saya pegangin aja sekalian biar aman.”
5. Fokus terhadap barang bawaan anda,
tidak perlu sibuk-sibuk memperhatikan atau bahkan mengkritik fashion orang disekitar anda (biasanya wanita), juga tidak perlu menikmati panorama diluar bis.
Fokus terhadap barang dan tujuan anda.
6. Waspada terhadap penumpang yang suka pindah-pindah posisi, bahkan ada yang sampai berjalan-jalan. Penumpang yang kayak gini, 60% kalo bukan pengamen, ya copet
Copet waktu berdiri
III. Saat duduk
1. Perhatikan dan awasi setiap pergerakan orang yang duduk disebelah anda,
Tidak ada jaminan penumpang yang duduk tidak diincar copet. Gue pernah liat pake mata kepala sendiri, seorang bapak dengan posisi duduk, ternyata temen duduk disebelahnya adalah seorang copet, yang lagi beraksi ..
2. Perhatikan pula orang yang berdiri disamping tempat duduk anda.
3. Disarankan Untuk tidak Tidur, bila memungkinkan..

4. Tidak perlu sering-sering melihat keluar bis, fokus terhadap barang bawaan anda.

IV. Saat turun
1. Genggam erat barang berharga anda, waspada terhadap orang dibelakang anda yang sepertinya hendak turun juga.
2. Bila anda merasa didesak dan tidak berdaya, jangan ragu (berdoa) sedikit membentak kepada orang yang anda curigai, atau buat ribut ajaa, bilang, “aduh, aduh” atau apa kek. Biar penumpang yang lain ngeliat anda, syukur-syukur semua pada bantuin anda.
3. Siapkan mental anda untuk dibentak balik, asal barang anda aman dan anda dapat turun, slow aja, karena itu trik pencopet untuk bikin mental anda nge-down.

Dari semua tips yang barusan,
ada hal yang paling utama dan jangan pernah dilupakan.. yaitu berdoa dan tetap waspada.. Karena apapun itu, kalo ada Tuhan yang menjaga kita, pasti lebih baik.. dan juga diiringi dengan tanggungjawab kita untuk waspada menjaga barang-barang dengan baik..

Gue doain kita semua gak bakal ada yang bakal kecopetan …
amin

(EYS)

Artikel Terkait : Tips Mengenali Dan Menghindari Pencopet

Sumber : http://yyireh.blogspot.com/2012/08/awas-ada-copet.html

Share this post :

Post a Comment

yang nyasar kesini

Krecekan Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hanya Manusia Biasa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger