Tips Mengenali Dan Menghindari Pencopet


Bagi anda yang sering bepergian menggunakan angkutan umum, khususnya bis, metromini, mikrolet dan sejenisnya pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "copet". Berikut ini saya berikan tips mengenali dan menghindari pencopet, khususnya saat di bis.


Selama beberapa tahun naek bis PPD 43 jurusan Cililitan - Tanjung Priok gw jadi terbiasa bisa ngebedain mana penumpang biasa dan mana yang copet. Berikut ini ciri ciri umumnya dan tips menghindarinya:

1. naeknya bergerombol antara 5 sampe 6 orang
2. setelah naek biasanya ngambil posisi strategis yaitu di pintu, karena biasanya orang lengah saat ingin turun konsentrasi ke jalan, apalagi kalo bis lagi penuh
3. matanya menyapu seluruh tempat dengan gerak gerik yang mencurigakan.
4. memakai tas di depan (nahlo bukannya kalo mau menghindari copet caranya begini kok copetnya malah ikut2an). Biasanya tas yang dipake copet kosong tidak ada isinya, karna hanya sebagai kamuflase untuk aksi mencopetnya. untuk melakukan aksinya tas berfungsi sebagai penutup tangan ketika sedang mengambil barang atau tangan biasanya diposisikan di belakang tas ketika ingin mencopet daerah kantong depan
5. memposisikan tas di depan, bukan berarti anda aman dari jangkauan copet. biasanya copet yang nekat akan berusaha membuka resleting tas anda ketika anda sedang lengah atau dengan kamuflase ditutupi dengan tas. oleh karena itu perhatikan dan pegang selalu resleting tas anda.
6. hindari menyimpan barang berharga di dalam saku baju atau celana dan letakkan barang2 berharga di bagian tas paling terdalam agar tidak mudah dijangkau oleh copet. kalau tidak dalam kondisi sangat darurat jangan memakai barang berharga dalam bis karna dapat memancing perhatian copet.
7. biasanya copet melakukan aksinya kepada penumpang yang ingin turun, gerombolan copet akan mencoba memepet dan menghalangi si korban dalam melakukan aksinya. tingkatkan kewaspadaan anda saat ingin turun dengan konsentrasi pada barang2 berharga anda serta pasang sikap defensif (tangan memeluk erat2 tas atau resleting agar tidak dijamah)

Testimoni : pagi ini gw baru ngalamin bro kejadian hampir dicopet, hampir aja hp gw ilang karna gw taro di saku depan. salahnya gw sempet maenin hp waktu di dalam bis padahal gw tau waktu itu ada gerombolan copet di dalam bis. gw juga gak nyangka bakal jadi incaran copet. pas gw turun kok gw ngerasa kantong depan gw ada tangan yang ngudek2, karena reflek langsung aja deh tangan copet itu gw tangkap trus gw pelototin tuh copet. copetnya sih saat itu minta maaf, speaknya sih minta maaf kalo kesenggol yang gw heran penumpang di sebelah gw pada diem semua, pengen gw teriakin ngeri jg temennya ada 5 orang. akhirnya dengan hati dongkol gw lepas tangan pencopet itu dan gw turun dengan mata terus melototin si pencopet. andai saja gw punya sedikit keberanian dan sedikit bela diri mungkin ceritanya akan lain

Artikel terkait : Awas Ada Copet


Share this post :

+ komentar + 1 komentar

December 12, 2014 at 3:45 PM

Gokil bener juga copet pasti ketauan gerak-gerik nya

Mampir gan ke blog saya pistol listrik, senjata canggih juga Senjata beladiri lindungi dari kejahatan dan kriminalitas dan pencopetan

Post a Comment

yang nyasar kesini

Krecekan Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hanya Manusia Biasa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger